nama kelompok

Selamet Santoso
Afrizal
Gusman Angga Riawan
Ria Utami

Selasa, 10 Januari 2012

neraca

Pengertian Neraca
Neraca diturunkan dari istilah “balance Sheet”, Statemen of Finansial Conditions”, “Statemen of Resources and Liabilities”. Neraca adalah suatu laporan yang sistematis tentang aktiva (Assets), hutang (liabilities), dan modal sendiri (owners equity) ari suatu perusahaan dari tanggal tertentu. Biasanya pada saat buku ditutup yakni akhir bulan, akhir triwulan atau akhir tahun. (Jarwanto)
Penyajian neraca dapat ditujukan untuk kepentingan umum, yakni untuk kepentingan diluar perusahaan, seperti kreditur, lembaga pemerintah dan masyarakat umum, maupun untuk kepentingan khusus yang bersifat intern bagi kepentingan manajemen.
Bagi manajemen, akuntan dan pemeriksa keuangan masalah utama adalah masalah penilaian pos-pos dari laporan keuangan. Misalnya penilaian persediaan akhir akan mempengaruhi neraca dan laporan laba-rugi, perhitungan besarnya kerugian karena tidak dibayarnya pihutang disamping mempengaruhi dalam penentuan pendapatan juga mempengaruhi penilaian pos pihutang dagang dalam neraca. (jarwanto)

Laporan keuangan sangat menentukan keberlanjutan suatu perusahaan, karena dari laporan keuangan diketahui apakah perusahaan itu sehat atau bermasalah. Perusahaan yang sehat dapat dilihat dari likwiditas atau kemampuan perusahaan untuk membayar hutang-hutangnya dalam jangka pendek, solvabilitas perusahaan atau kemampuan perusahaan untuk membayar hutang perusahaan dalam jangka pendek dan panjang dan profitabilitas perusahaan atau kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba.

Definisi Neraca, Pengertian Balance Sheet, modal sendiri, laporan yang sistematis, masalah utama, penilaian pos pihutang, penilaian persediaan akhir




Contoh Neraca Perusahaan
Aktiva Kewajiban dan Ekuitas
Kas 6.600.000,- Kewajiban
Piutang 6.200.000,- Notes Payable 30.000.000,-

Piutang

Total Kewajiban 30.000.000,-
Peralatan 25.000.000,- Ekuitas

Barang Persediaan 7.000.000,-

Laba ditahan 800.000,-

total Ekuitas 7.800.000,-
Total 37.800.000,- Total 37.800.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mametteking. Diberdayakan oleh Blogger.